Desain Rumah Minimalis Ala Jepang Sangat Efisien dan Unik

Rumah minimalis merupakan salah satu rumah yang sekarang ini menjadi trend, banyak sekali pilihan desain rumah minimalis yang dapat anda pilih untuk desain rumah anda. Namun jika anda menginginkan desain rumah minimalis yang lain dari pada desain rumah lainnya anda bisa memilih desain rumah minimalis ala jepang. Jepang atau yang terkenal dengan negeri sakura ini mempunyai bentuk rumah yang unik dan menarik untuk dijadikan contoh desain rumah minimalis anda. Hampir semua kebudayaan Jepang sudah menyebar di seluruh dunia termasuk juga bentuk rumahnya. Bentuk rumah di Jepang mengusung tema arsitektur minimalis.
Dapat dilihat dari bentuk rumahnya, di Jepang sangat jarang ada rumah-rumah mewah dengan bentuk yang besar, kebanyakan rumah di Jepang mempunyai bentuk yang minimalis. Rumah minimalis ala jepang bentuknya juga unik. Keunikan ini terletak pada hampir seluruh bagian dari rumah. Salah satu kebudayaan Jepang yang sama dengan budaya di Indonesia adalah melepaskan alas kaki ketika akan masuk ke rumah. Rumah di Jepang di bagian depannya dilengkapi dengan Genkan. Genkan merupakan undakan kecil yang posisinya lebih rendah dari lantai rumah. Fungsi genkan sendiri adalah tempat untuk meletakkan alas kaki.
Rumah Minimalis Ala Jepang

Rumah Minimalis Ala Jepang

Rumah Minimalis Ala Jepang

Rumah Minimalis Ala Jepang

Rumah Minimalis Ala Jepang

Rumah Minimalis Ala Jepang

Rumah Minimalis Ala Jepang

Rumah Minimalis Ala Jepang

Rumah Minimalis Ala Jepang

Genkan ini letaknya ada di dalam rumah, jadi setelah masuk pintu utama kemudian tidak langsung masuk ke bagian utama rumah tapi harus melewati genkan terlebih dahulu. Genkan juga bisa dilengkapi dengan rak sepatu, jadi alas kaki tidak tercecer sembarangan. Penambahan Genkan di bagian depan rumah ini dapat anda tiru untuk desain minimalis rumah anda. Bentuk Genkan tidak sejajar dengan lantai rumah tapi sedikit ke bawah sekitar 20 sentimeter dari lantai rumah. Dengan adanya Genkan di rumah minimalis ala jepang anda akan membuat rumah sudah seperti rumah tradisional yang ada di Jepang.
Selain Genkan rumah minimalis ala jepang yang patut untuk ditiru adalah penggunaan pintu geser. Pintu geser lebih minimalis dan juga tidak memakan banyak tempat. Jika dibandingkan dengan menggunakan pintu dorong, pintu geser lebih hemat tempat karena ketika membuka pintu, pintu tidak akan memakan banyak tempat lagi seperti pintu dorong Penggunaan pintu geser pada rumah di Jepang atau yang disebut sebagai fusuma biasanya hanya pada dalam ruangan saja, untuk pintu masuk biasanya masih tetap menggunakan pintu dorong. Namun jika anda menginginkan untuk semuanya menggunakan pintu geser juga tidak akan masalah, hal ini justru akan lebih membuat rumah anda terlihat minimalis.
Lantai pada rumah minimalis ala jepang berbeda dengan lantai yang biasanya digunakan di Indonesia. Jika biasanya lantai di Indonesia menggunakan keramik atau semen, rumah ala Jepang menggunakan lantai dengan bahan dasar kayu. Selain menggunakan lantai kayu juga dapat menggunakan lantai yang terbuat dari tenunan jerami atau yang sering disebut tatami. Lantai dari bahan kayu ini lebih mudah dibersihkan dan juga menambah keunikan tersendiri pada rumah tradisional Jepang. Tatami atau tikar anyaman jerami pada rumah modern Jepang sekarang ini sudah jarang ditemukan, hampir semua lantainya menggunakan kayu saja tidak ada yang menggunakan tatami.
Prinsip utama dari rumah minimalis ala jepang adalah menggunakan ruangan dengan sangat efisien. Efisiensi ruangan dalam rumah merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh rumah minimalis Jepang. Tempat tidur di rumah-rumah Jepang tidak menggunakan furniture atau perabot seperti yang ada pada rumah minimalis di Indonesia, tempat tidur di Jepang menggunakan Futon atau kasur lipat, jadi kasur hanya akan dikeluarkan pada malam hari saja ketika akan tidur. Selebihnya ruangan dapat digunakan untuk keperluan apapun sepanjang pagi sampai sore. Furniture yang dipilih untuk rumah dengan gaya Jepang juga harus seminimalis dan sedikit saja. Orang Jepang hanya akan membeli furniture untuk rumahnya seperlunya saja.
Bangunan minimalis ala Jepang lebih menonjolkan pada ruangan yang multifungsi. Ruang tamu rumah minimalis ala jepang bentuknya juga sangat minimalis dan sederhana. Pemilihan bahan material dan warna pada rumah tradisional Jepang juga menggunakan bahan alami, seperti kayu dan bambu. Warna yang digunakan juga warna-warna yang tenang seperti putih, coklat, palet, abu-abu dan juga berbagai warna netral lainnya. 

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

3 Komentar untuk "Desain Rumah Minimalis Ala Jepang Sangat Efisien dan Unik"
Unknownsaid...
March 13, 2015 at 9:21 AM

nice post gan
menarik nih dan sangat bermanfaat sekali info nya
di tunggu info selanjutnya, thanks ya


Unknownsaid...
March 23, 2015 at 10:45 AM

nice post gan
ijin nyimak ya info nya
terimakasih


Unknownsaid...
March 24, 2015 at 10:13 AM

mantap gan
info nya sangat bermanfaat gan
ditunggu update nya


Post a Comment