Inspirasi Desain Eksterior Rumah Belanda

Update Saturday, March 15, 2014 at 9:21 AM. Dalam topik Exterior,Exterior Rumah,Exterior Rumah Belanda,Rumah,Rumah Belanda

Rumah adalah sarana kebutuhan primer bagi kita untuk tempat tinggal, untuk beristirahat, untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga. Itu merupakan fungsi utama dari sebuah rumah, di luar fungsi itu rumah juga mempunyai fungsi lain jika rumah itu nyaman, tenang, dan menjadi istana pribadi yang didesain dengan maksimal untuk menghasilkan nilai lebih, baik nilai artistik juga nilai estetis dari rumah. Maka dari itu, banyak orang sengaja mendesain rumah yang berbeda dari yang lain. Mereka mencoba mencari inspirasi desain rumah dengan gaya dan konsep klasik ataupun modern. Salah satunya adalah desain eksterior rumah Belanda yang Anda terapkan untuk konsep rumah yang akan dibangun.
Desain rumah Belanda menjadi alternatif bagi mereka dalam memilih desain rumahnya. Seperti yang sudah kita ketahui, sisa-sia bangunan zaman kolonial Belanda masih banyak berdiri dan megah setelah mengalami renovasi. Desain rumah Belanda mempunyai nilai artistik yang akan menambahkan kesan menarik dan berbeda dengan gaya klasiknya. Eksterior rumah Belanda mempunyai gaya yang khas dari bangunan Eropa klasik dengan gaya arsitektur Art Deco dengan ciri khusus terdapat lis profil pada tampilan eksterior dinding dan jendela yang besar dan tinggi menambah kesan megah dan bangunan yang tinggi. Bagi Anda yang akan mengadopsi gaya Belanda untuk rumah baru Anda, berikut akan kami sajikan ulasan khusus tentang eksterior rumah Belanda sehingga akan menemukan pertimbangan tepat dalam desain rumah konsep Eropa-Belanda.
Exterior Rumah Belanda

Exterior Rumah Belanda

Exterior Rumah Belanda

Exterior Rumah Belanda

Exterior Rumah Belanda

Exterior Rumah Belanda

Exterior Rumah Belanda

Exterior Rumah Belanda

Exterior Rumah Belanda

Nilai lebih konsep eksterior rumah Belanda

Ciri khas Art Deco atau Belanda klasik adalah gaya arsitekturnya kental dengan nuansa kemewahan pada zaman kolonial Belanda. Gaya tersebut bisa padu jika disesuaikan dengan model desain rumah modern. Bentuk jendela yang besar dan tinggi pada saat itu disesuaikan dengan iklim tropis di Indonesia, sehingga akses sirkulasi udara akan cukup sehingga tidak membutuhkan perangkat pendingin ruangan seperti AC. Selain itu, kesan modern dan megah akan tercipta pada rumah dengan desain eksterior rumah Belanda. Meskipun desain eksterior rumah Belanda tidak semua orang menyukai, tapi justru disitulah keunikannya. Karena desain eksterior rumah klasik yang dipadukan tapi justru disitulah keunikannya. Karena desain eksterior rumah klasik yang dipadukan dengan sentuhan modern akan mempunyai kesan berbeda yang tidak bisa ditemukan pada rumah model sekarang.
Dalam perkembangan desain rumah saat ini kebanyakan mereka kurang memperhatikan penataan interior maupun eksterior. Hal itu disebabkan karena keterbatasan lahan yang tersedia sehingga mereka membuatnya dengan ukuran rumah yang minimalis. Tapi untuk menciptakan eksterior rumah Belanda pada rumah minimalis juga tidak sulit. Kita bisa menerapkan bentuk atap yang cenderung tinggi dengan kemiringan lebih dari 35 derajat bahkan kadang lebih dari itu. Ada juga yang menerapkan bentuk atap pada teras atau sisi depan dengan bentuk segi lima yang hampir menyerupai lingkaran seperti yang sering kita lihat pada rumah-rumah peninggalan Belanda yang masih berdiri banyak terapkan pada tempat hunian.
Desain eksterior gaya Eropa-Belanda pada abad 18 bisa menjadi pilihan Anda dalam mencari referensi desain rumah untuk anda. Desain eksterior rumah Belanda lainnya dari gaya Belanda abad 18 adalah gaya Victorian, bentuk desain yang unik dan artistik pada sebuah bangunan dengan pondasi dan struktur yang kuat. Jika desain ini digunakan pada desain rumah modern dengan sentuhan eksterior klasik zaman kolonial Belanda tentu akan menjadi rumah yang istimewa yang tidak bisa anda temukan pada rumah modern lain.

Keindahan eksterior rumah Belanda lebih cantik dengan dekorasi dan ornamen penuh nilai estetika dan artistik mulai dari atap, dinding, atau juga pada plafon yang mempunyai symbol dari jatidiri pemilik rumah sebagai pecinta rumah gaya klasik. Ciri dari arsitektur tersebut masih sesuai jika diterapkan pada rumah modern. Peletakan profil atau juga pada peletakan batu alam pada dinding luar yang diadopsi dari gaya rumah klasik dapat Anda terapkan pada rumah modern baik yang berukuran besar maupun minimalis. Pada intinya gaya eksterior rumah Belanda dapat diterapkan untuk pemilihan tampilan eksterior dan perabot eksterior serta dinding yang memberikan ciri-ciri klasik zaman kolonial Belanda pada hunian Anda. Dengan tetap memperhatikan cara dan kesesuaian penempatan supaya menghasilkan suasana yang menarik dan indah pada rumah Anda. 

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

1 Komentar untuk "Inspirasi Desain Eksterior Rumah Belanda"
Unknownsaid...
January 19, 2017 at 11:51 AM

Bangunan Belanda memang terlihat masih kokoh padahal sudah bertahun tahun lamanya. liat saja gedung BNI atau kantor pos 0km Malioboro jogja. masih kokoh sampai sekarang. Arsitek Indo Kontraktor menerima jasa bangun rumah bisa buka link websitenya atau konsultasi 08562768741


Post a Comment